Beranda > Uncategorized > MOTIF BATIK INDONESIA

MOTIF BATIK INDONESIA

Agustus 10, 2012

banyak kita temui motif batik yang ada di nusantara, tetapi menurut daerahnya motif batik di Daerah yang terkenal adalah:batik solo,batik jogja,batik pekalongan,batik madura,batik lasem,batik sragen,Banyumas

motif batik banyumas dari daerah sokaraja, Bahan mori yang dipakai hasil tenunan sendiri dan obat pewama dipakai pohon tom, pohon pace dan mengkudu yang memberi warna merah kesemuan kuning.

pembatikan di Banyumas sudah dikenal sejak dahulu dengan motif dan wama khususnya dan sekarang dinamakan batik Banyumas. Setelah perang dunia kesatu pembatikan mulai pula dikerjakan oleh Cina disamping mereka dagang bahan batik.

Ciamis.mengamati motif batik ciamis tak lepas dari dalam masyarakat  ada yang ahli dalam pembatikan sebagai pekerjaan kerajinan rumah tangga maka kelamaan pekerjaan ini bisa berkembang pada penduduk sekitarnya akibat adanya pergaulan sehari-hari atau hubungan keluarga. Bahan-bahan yang dipakai untuk kainnya hasil tenunan sendiri dan bahan catnya dibuat dari pohon seperti: mengkudu, pohon tom, dan sebagainya.

baju batik modern

%d blogger menyukai ini: