Beranda > batik modern > keunggulan batik indonesia

keunggulan batik indonesia

Desember 24, 2012

Busana batik indonesia sangat kaya akan ragam corak motif dan bernilai seni tinggi, ini banyak di akui oleh bangsa lain dan tidak hanya itu, dunia mengakui batik merupakan salah satu warisan umat manusia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia. Pengakuan serta penghargaan itu disampaikan secara resmi oleh United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO). Pengakuan dilakukan pada 28 September 2009 dan penghargaan resmi pada bulan  Oktober di Abu Dhabi.

Pengakuan UNESCO itu diberikan terutama karena penilaian terhadap keragaman motif batik yang penuh makna filosofi mendalam. Penghargaan itu juga diberikan karena pemerintah dan rakyat Indonesia juga dinilai telah melakukan berbagai langkah nyata untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya itu secara turun-menurun.

batik indonesia

Pemerintah juga menyambut baik pelestarian baju batik ini, Sebagai bentuk apresiasi terhadap Batik Indonesia, Presiden SBY meminta kepada seluruh warga negara Indonesia untuk memulai memakai batik dan Semoga ini menjadi awal yang baik, untuk selalu nguri-uri kebudayaanIndonesia. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Setelah proses pengakuan ini apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dan bangsa Indonesia selaku pemilik sah batik? Apakah akan membiarkannya begitu saja? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan sekaligus mempromosikan batik secara kontinyu, dengan memakai batik sebagai busana kita sehari-hari. Disamping untuk menghidupkan industri batik secara tidak langsung, kita ikut menjaga kebudayaan Indonesia.

Kategori:batik modern
%d blogger menyukai ini: